Tips Memasang Umpan Udang Agar Tetap Hidup

Udang adalah salah satu umpan paling populer untuk pemancing laut. Terutama udang hidup paling digemari oleh ikan. Kali ini saya ingin berbagi mengenai Tips memasang Umpan Udang agar tetap hidup sehingga kemungkinan strike lebih besar.  

1. Kail disangkutkan di ekor atau bahasa kerennya Tail Hooked. Si Udang biasanya berenang mundur ketika mereka bergerak cepat. Mereka merangkak maju atau bergerak maju perlahan lahan dengan bantuan manuver sirip dan kaki. Tetapi ketika ketika mereka bergerak cepat mereka menendang dan membuat badan si udang bergerak ke belakang. Jadi menyangkutkan kail pada ekor udang membuatnya bergerak lebih alami tanpa ada yang menghalangi. Caranya adalah kail ditancapkan 

pada ekor udang bagian bawah dan berahir pada ekor udang bagian atas. Ini juga merupakan cara yang ideal untuk membuat udah dapat bergerak secara alami di dasar permukaan laut. Salah satu kelemahan dari cara ini meskipun udang bergerak secara natural namun terkadang strike gagal dikarenakan ikan yang lebih kecil menggigit kepala udang dan menyisakan kail. Hmm .. kalo sudah begini suasana mancing jadi tambah gregetan.

2. Alternatif yang kedua adalah pertama-tama kail ditancapkan di ekor bagian atas lanjut sampai ke bagian bawah ekor lalu tancapkan pada bagian bawah perut (sesuai dengan ukuran kail) dan berahir di bagian atas/punggung udang. Cara ini biasa disebut Double Tail Hooked. Sesuai namanya Udang dikaitkan ke kail sebanyak 2 kali. Cara ini masih memungkinkan udang tetap bergerak natural dan metode ini sangat tepat dilakukan jika anda memiliki udang yang masih sangat fresh namun kondisi sudah mati 

(udang mati segar). Udang yang mati kehilangan kekuatan otot dengan cepat, menggunakan satu kaitan membuat udang mudah lepas. Dengan dua kaitan memungkinkan udang mati terlihat hidup di air.

3. Cara yang ke-tiga adalah dikaitkan di kepala atau biasa disebut Head Hooked Live Shrimp. Caranya adalah kail dikaitkan di kepala udang. Pada bagian kepala udang ada semacam titik hitam, jangan sampai kail tertancap di titik hitam tersebut karena itu adalah bagian otak dari udang. Kaitkan di bagian bening tepat di depan dari titik hitam tersebut agar udang tetap hidup. Cara ini mudah dilakukan untuk udang ukuran besar.

4. Cara yang terahir adalah dengan cara memotong ekor udang lalu menancapkan kail pada bagian bekas potongan tsb lalu berlanjut ke bagian depan dan berahir di perut bagian bawah. Udang tetap hidup meskipun ekornya telah dipotong.

Demikian beberapa tips memasang umpan udang agar tetap hidup. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Ini hanyalah sebagian cara.  Mungkin rekan-rekan ada yang ingin menambahkan cara memasang umpan udang agar tetap hidup atau sekedar memberi komentar.

喜歡這篇文章嗎?立刻分享出去讓更多人知道~